Dilihat Sama Dengan Di Sentuh, Itulah Seni Rupa 3 Dimensi

Jika anda pernah melihat gambar 3 dimensi, itu adalah sebuah tipuan mata seolah benda tersebut memiliki volume dan bisa dipegang sesuai yang terlihat. Namun gambar 3 dimensi hanya bisa terlihat 3 dimensi hanya dari satu titik penglihatan saja. Jika anda berpindah tempat, gambar itu tidak lagi terlihat memiliki volume. Karena sebenarnya gambar 3d adalah seni 2 dimensi, yaitu hanya bisa dilihat panjang dan lebarnya saja. Berbeda dengan seni rupa 3 dimensi itu sendiri. Seni rupa 3 dimensi adalah sebuah objek seni yang bisa dilihat dari 3 dimensi yang berbeda yaitu lebar, panjang, dan tinggi.

Seni rupa seperti ini memiliki bentuk yang nyata dan juga memiliki volume. Sebuah karya seni rupa dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu seni rupa murni dan terapan. Jika sebuah karya seni rupa 3 dimensi merupakan sebuah objek untuk keindahan, maka benda itu dapat dikatakan oleh agen bola terpercaya sebagai seni rupa murni. Contohnya seperti patung, souvenir, dan lain-lain. Berbeda dengan seni rupa terapan. Jika sebuah objek seni rupa selain dimanfaatkan keindahannya namun juga dimanfaatkan fungsi nyatanya dalam kehidupan sehari-hari, maka dapat disebut sebagai seni rupa terapan. Contohnya adalah asbak, guci, dan lain sebagainya.

Anda telah melihat bagaimana konsep dan pengertian dari seni rupa 3 dimensi. Dalam pembuatannya, seni rupa 3 dimensi memiliki unsur-unsur yang harus diperhatikan. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui unsur-unsur dalam seni rupa 3 dimensi.

Titik
Dalam membuat sebuah seni rupa, pasti harus melibatkan titikdi dalamnya. Karena titik merupakan unsur paling dasar dan paling kecil pada sebuah seni rupa. Diawalai dari titik itulah sebuah ide akan terrangkai dan akan menjadikan awal dari sebuah garis, bidang, dan seterusnya.

Garis
Garis adalah kmpulan dari titik yang membentuk suatu batas pada benda, ruang, warna, dan sebagainya. Garis memiliki panjang dengan berbagai bentuk dan menuju arah tertentu, misalnya lengkung, zig-zag, sejajar, dan seterusnya.

Bidang
Jika garis adalah perkumpulan dari titik, maka bidang adalah perkumpulan dari garis yang terhubung. Bidang memiliki dimensi panjang dan lebar, sehingga akan membentuk benda pipih atau tidak memiliki volume.

Bentuk
Ketika bidang-bidang yang ada dipertemukan, membentuklah sebuah bentuk. Bentuk memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Sehingga bentuk pasti memiliki volume. Nama lain dari bentuk adalah bangun.

Tekstur
Tekstur adalah bagaimana sifat permukaan dari sebuah bentuk atau bangun. Ada yang kasar, halus, berpori, dan lain sebagainya. Menurut sifatnya tekstur terbagi menjadi tekstur nyata dan tekstur semu. Tekstur nyata adalah bentuk tekstur yang sama dengan yang terlihat dengan mata, sedangkan tekstur semu adalah tekstur yang berbeda jika dilihat dengan mata dengan disentuh dengan kulit.

Dengan memperhatikan dan melengkapi unsur-unsur tersebutlah seorang seniman dapat membuat sebuah karya seni rupa 3 dimensi. Maka jika anda ingin mempelajari tentang cara membuat sebuah karya seni 3 dimensi anda harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu unsur-unsur yang terkandung di dalamnya. Dari berbagai unsur tersebut anda dapat membuat sebuah karya seni kriya, patung, keramik, arsitektur, dan lain sebagainya. Itulah tadi sedikit ulasan dan informasi mengenai karya seni 3 dimensi yang mungkin akan bermanfaat untuk anda dan agen sbobet jika anda akan mulai mendalami seni bidang ini. Semoga dapat bermanfaat untuk anda sebagai tambahan wawasan tentang karya seni rupa 3 dimensi.

Leave a Reply