Gunakan Kreativitas Untuk Belajar Membuat Batik Tulismu Sendiri

Batik adalah seni budaya peninggalan nenek luhur yang harus kita lestarikan. Karena pernah batik menjadi perdebatan dengan negara tetangga tentang klaim kepemilikannya. Batik di masa sekarang pun sudah mendapatkan banyak perkembangan yang luar biasa dan inovatif. Sehingga tidak ada lagi cap bahwa batik adalah pakaian untuk orang tua. Harga batik pun sangat variatif. Namun untuk batik tulis memang terkenal lebih mahal dibanding batik cap atau yang lainnya. Karena tingkat kesulitan dalam membuatnya memang sangat menantang. Lalu bagaimana jika kita membuat batik kita sendiri, apakah mungkin?

Jika anda penasaran bagaimana cara membuat batik tulis anda sendiri, anda dapat mengikuti artikel ini untuk memberikan dasar pada anda bagaimana cara membuat batik tulis dan alat apa yang dibutuhkan untk membuatnya. Alat dan bahan yang harus anda ketahui untuk membuat batik tulis antara lain adalah Kain mori sebagai tempat untuk digambar nantinya, canting untuk menggambar, gawangan untuk meletakkan kain batik agar rata, lilin untuk digambarkan ke kain menggonakan canting, panci dan kompor untuk memanaskan lilin, dan larutan pewarna sebagai pemberi warna dalam kain yang akan diberi motif. Untuk cara membuatnya anda dapat menyimak cara-cara berikut ini:

Cara yang pertama adalah dengan membuat molani atau lebih kita kenal dengan menggambar sketsa pada kain mori dengan menggunakan pensil. Proses ini sangat tergantung dengan kreativitas anda dan kepiawaian tangan anda dalam membuat desain. Contoh desain molani tradisional yang mungkin dapat anda contoh adalah motif klasik berupa simbol-simbol atau motif pesisiran berupa gambar kupu-kupu atau bunga.

– Setelahnya anda dapat melakukan ngandangi, di mana anda dapat mulai melukiskan lilin cair menggunakan canting pada sketsa yang telah anda buat.

– Selanjutnya lapisi bagian putih pada kain mori yang tidak ingin anda warnai menggunakan lilin. Jika bentuknya besar, anda dapat menggunakan kuas.

– Setalah selesai, masukkan kain kedalam pewarna, angkat dan jemur.

– Setelah kering, hilangkan lilin yang menempel pada kain dengan cara merebusnya dengan air panas.

– Ulangi langkah seperti di awal dengan menutupi bagian yang tidak ingin diberi warna kedua menggunakan lilin dan seterusnya hingga membentuk kumpulan warna yang anda inginkan membentuk kain batik.

– Setelah selesai dengan semua proses di atas, cucilah kain batik anda hingga bersih, kemudian jemur dan anda dapat melanjutkan dengan proses pembuatan garmen yang anda inginkan.

Bagaimana? Apakah rumit atau mudah? Jika anda penasaran anda harus mencobanya membuat sendiri karena akan memberikan kepuasan yang berbeda jika anda menggunakan hasil karya anda sendiri. Kegiatan ini menjadi tidak terlalu sulit jika anda sudah terbiasa bahkan bettor di http://www.bengkelbola.net menganggapnya sebagai hobi yang menarik dan bisa menghasilkan uang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda jika anda ingin membuat kain batik anda sendiri.

Leave a Reply